image
Shohih Bukhori Mengenal Imam Bukhori lebih dekat
image
Shohih Muslim Mengenal Imam Muslim lebih dekat
image
Nailul Author Nailul Author
image
Bulughul Marom Bulughul Marom Kitab Hadits Fiqh
Thursday, May 23, 2019
Text Size
More More

image image image image

image image image image

Gallery Cover Kutub Hadits

Berbagai cover kitab-kitab hadits yang telah masyhur akan diupload secara berkala dengan mengenal cover kitab-kitab hadits tentunya kita akan bisa memotivasi diri untuk bisa meluangkan waktu menelusuri details dari kitab-kitab hadits.

Contoh kitab yang akan kita pelajari adalah Nailul Author, Bulughul Marom, Riyadhus Sholihin dan yang lainnya.

Gallery Hadits-Hadits Masyhur

Dalam bentuk image, hadits-hadits masyhur akan ditampilkan secara berkala, tujuannya adalah agar para pembaca dapat mengenal, mengerti dan alangkah baik lagi apabila dapat dihafalkan, semoga Allah memudahkan kita semua untuk memahami dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Silahkan apabila akan men-share image yang ada digallery kepada teman yang lain.

An-Nahwul Wadhih Jumlah Mufidah Part 2

User Rating: / 0
PoorBest 

An-Nahwul Wadhih Jumlah Mufidah - Kalimat Sempurna - Part 2

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah pembahasan tentang nahwu memakai kitab an-Nahwul Wadhih jilid 1 - al-Jumlah al-Mufidah atau Kalimat Sempurna -

Gambar berikut adalah versi asli dari an-Nahwul Wadhih yang telah dimodifikasi sehingga dapat memudahkan antum dalam memahami keotentikan nash yang ada. Kemudian dibawahnya adalah terjemahan bahasa Indonesia secara detail dengan dipotong per-kalimat sehingga insya Allah akan mudah dalam mempelajarinya.

NahwulWadhih

Terjemahan bahasa Indonesia-nya secara detail adalah sebagai berikut :

البُسْتَانُ جَمِيْلٌ

1. Taman itu bagus

الشَّمْسُ طَالِعَةٌ

2. Matahari terbit

شَمَّ عَلِيٌّ وَرْدَةً

3. Ali Mencium Bunga Mawar

قَطَفَ مُـحَمَّدٌ زَهْرَة

4. Muhammad memetik bunga

يَعِيْشُ السَّمَكُ فِي الْمَاءِ

5. Ikan hidup di dalam air

يَكْثُرُ النَّخِيْلُ فِي مِصْرَ

6. Pohon kurma banyak di Mesir

اَلْبَحْثُ :

PEMBAHASAN

إذا تأملنا التركيب الأول

Apabila kita memperhatikan contoh susunan ke-1

وجدناه يتركب من كلمتين ، إحداهما " البُسْتَانُ" والثانية " جَمِيْلٌ "

kita akan mendapatinya tersusun dari dua kata, yang pertama البُسْتَانُ dan kedua جَمِيْلٌ.

فإذا أخذنا الكلمة الأولي وحدها وهي : " البستان " لم نفهم إلا معني مفرداً لا يكفي للتخاطب ،

Jika kita mengambil kata yang pertama saja yaitu "taman", maka kita tidak memahami kecuali makna tunggalnya saja dan pastilah orang yang diajak bicara tidak merasa cukup (faham dan akan bertanya lagi, bagaimana taman?)

وكذلك الحال إذا أخذنا الكلمة الثانية وحدها وهي : " جميل "

begitu juga jika kita ambil kata kedua saja "Indah".

ولكنا ، إذا ضممنا إحدى الكلمتين إلي الأُخرى علي النحو الذي في التركيب ،

Akan tetapi jika kita rangkai salah satu dari dua kata itu dengan kata yang lain sebagaimana yang tercantum dalam susunan contoh

وقلنا " البستان جميل " فهمنا معني كاملاً ،

dan kita ucapkan البُسْتَانُُُُُُُُ جَمِيْلٌ (taman itu indah) maka kita dapat memahaminya dengan makna yang sempurna.

واستفدنا فائدة تامة ، وهي اتصاف البستان بالجمال

dan kita bisa mengambil faidah dari kalimat itu, yaitu mensifati "al-Bustan/taman" dengan sifat "Al-Jamaal/indah"

ولذلك يسمى هذا التركيب جملةً مفيدةً ،

Oleh karena itu kalimat seperti ini disebut sebagai JUMLAH MUFIDAH (Kalimat yang berfaidah/mempunyai faidah)

وكل واحدٍ من الكلمتين تعد جزءً ا من هذه الجملة وهكذا يقال في الأمثلة الباقية .

Dan setiap kalimat yang tersusun dari dua kata seperti ini, maka ia termasuk ke jumlah mufidah begitupun dengan contoh-contoh sisanya (5 contoh sisanya).

وبهذا نري أن الكلمة وحدها لا تكفي في التخاطب ،

Dengan ini kita bisa melihat bahwa satu kata saja tidak akan cukup (untuk digunakan) dalam percakapan (maksudnya dengan satu kata saja maka tidak akan mencukupi bagi lawan bicara untuk memahami kontekstual kalimat yang dimaksud)

وأنه لابد من ...

oleh karena itu mestilah tersusun dari...<bersambung>

Pada seri berikutnya, Insya Allah akan dibahas lanjutan Nahwul Wadhih jilid 1 bab 1 hal 12.

Silahkan untuk register sebagai pengguna, insya Allah akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti akses link2 download materi-materi yang bermanfaat

 

Interface website ini?

  • Hadits - Takhrij

    image

    Takhrij Hadits

    Secara ringkas akan ditampilkan hadits-hadits beserta maraji' sumber aslinya misalnya seperti hadits A dikeluarkan oleh Imam Al Bukhori dalam Shohihnya no.xx, Imam Muslim dalam shohihnya no.xxx. Contoh sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan Sholat, Admin pernah mendapati sebuah buku berjudul "Risalah Tuntutan Sholat Lengkap" ditulis oleh Drs. Moh Rifai, dan telah dicetak berulang kali dan tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata tidak satupun dari hadits-hadits yang dicantumkan memuat maraji' atau sumber aslinya, sehingga keontetikannya adalah "Sangat Meragukan" dan tidak layak untuk dijadikan sandaran.

  • Fawaid Hadits

    image

    Mari kita belajar tentang fawaid atau kandungan-kandungan hikmah yang bisa dipetik dari berbagai hadits yang insya Allah akan ditampilkan bersama dengan naskah aslinya, sehingga akan jelas keotentikannya.

    Beberapa fawaid hadits akan dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/425 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H. Sedangkan fawaid yang lainnya akan diambil dari beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari bagian pembahasan kitab Nailul Author, Fathul Bari, Syarah Muslim, Bulughul Marom atau Riyadhus Sholihin serta yang lainnya.

  • Mufrodat Harian

    image

    Mufrodaat Harian

    Jika setiap hari kita bisa menghafal sekitar 3 buah mufrodat/kosakata baru dalam bahasa arab, maka tentunya setelah sepekan kita akan mempunyai 21 buah mufrodat, dan dalam satu bulan kita akan mempunyai 84 kosakata baru dalam bahasa arab. Dan itu menunjukkan bahwa belajar bahasa arab membutuhkan ikhlas dan sabar. Ikhlas dalam menuntut ilmunya dan sabar dalam murojaahnya. Mari kita hafalkan bersama kosakata bahasa arab, yang insya Allah bermanfaat buat bekal kita dalam memahami Dien Yang Haq ini. Insya Allah juga akan ditampilkan gambar-gambar yang memuat nahwu dan shorof beserta terjemahannya.

  • Sunnah Harian

    image

    >> 1000 Sunnah

    Selayaknya bagi kita untuk berusaha mengamalkan berbagai amalan sunnah yang telah kita fahami dalam kehidupan kita sehari-sehari, Syaikh Kholid Al-Husainan telah mengumpulkan lebih dari 1000 amalan sunnah dalam sehari semalam. Alhamdulillah ini merupakan kemudahan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mencintai Rosul-Nya Shallallahu'alahi wassalam dengan cara mengamalkan apa yang menjadi sunnahnya. Pembahasan sunnah tersebut berawal dari bangun tidur pagi hari kemudian berlanjut terus hingga hendak tidur malam. Insya Allah akan disertai dengan Takhrij Hadits, fawaid tambahan dan Lafazh yang otentik lebih lengkap dari versi aslinya

  • Perawi Hadits?

    image

    Perawi Hadits ?

    Berapa banyak perawi-perawi hadits yang telah kita kenal? Apa manfaat dari mengetahui sejarah dan biografi perawi-perawi hadits? Siapakah itu Abu Hurairah? Siapakah itu Ibnu Umar? Siapakah itu Anas bin Malik? Siapakah Imam an-Nasai? siapakah Ibnu Hibban - Abu Hatim? Siapakah itu Imam Darul Hadits? Siapakah itu Imam as-Syafi'i? Siapakah Imam Hanafi? Siapakah at-Tirmidzi? Siapakah al-Hakim? selayaknya bagi kita untuk belajar lebih jauh dalam rangka memahami biografi salafus sholih dengan merujuk kepada berbagai sumber yang insya Allah otentik

  • Doa Harian

    image

    Doa-Doa Harian

    Kita telah banyak mengenal doa-doa harian, namun apakah kita pernah mengecek apakah doa-doa harian yang kita telah hafalkan dan kita telah fahami ternyata banyak yang dhoif alias tidak otentik sumbernya?

    Pernahkah antum mengajarkan satu doa yang berasal dari hadits yang shohih kepada kerabat ataupun teman? Kunci dalam menghafal dan memahami doa-doa harian yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallahuálahi wassalam adalah dengan mengamalkannya sehari-hari. Karena ilmu itu akan semakin terasah tajam manakala diulang dan dipraktekkan terus menerus.

  • Tutorial

    image

    Tutorial

    Tutorial ini bertujuan untuk menguatkan lahiriah seorang mukmin. Allah menyukai mukmin yang kuat daripada yang lemah, maka selayaknya bagi kita untuk belajar melatih diri dan menguatkan jasmani agar dapat beribadah dengan maksimal. Tutorial ini akan meliputi berbagai macam pengobatan Nabawi beserta penjelasan dalil-dalilnya, beladiri beserta gambar-gambarnya, akupuntur dasar dan juga pijat. Semuanya itu insya Allah akan kita bahasa dan pelajar dalam kategori tutorial ini