Thursday, October 23, 2014
Text Size

Khasiat Kurma - 1

User Rating: / 0
PoorBest 

MENGENAL KURMA

image

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang keutamaan dan khasiat kurma ditinjau dari Al-Qur-an Al-Karim, As-Sunnah Ash-Shahihah dan medis modern, kita perlu mengetahui deskripsi tentang kurma.

Pohon kurma bernama latin Phoenix dactyli-fera termasuk famili Palmae sering disebut Date Palm. Pohon ini mempunyai nama yang berma-cam-macam, di Perancis terkenal dengan nama dattier, di Jerman dengan nama dattel, di Italia dengan nama datteri atau dattero, di Spanyol di-sebut datil, di Belanda disebut dadel, di Portugis disebut tamara, dan di Timur Tengah sering di-sebut tamr (kurma kering) serta ruthab (kurma basah).

Pohon ini dikembangbiakkan terutama untuk diambil buahnya dan telah dibudidayakan 8000 tahun yang lalu di Babilonia. Pohon ini banyak ditemukan di dataran padang pasir (kering). Tinggi pohon kurma dapat mencapai 30-35 meter, ada jenis jantan dan betina, dan mulai berbunga setelah 6-16 tahun. Bunga pada pohon betinanya lebih besar daripada jantannya.

 

Buah kurma berbentuk lonjong dengan uku-ran 2 sampai 7,5 cm dengan warna yang ber-macam-macam antara coklat gelap, kemerahan, kuning muda kecoklatan, dan berbiji.

Konon pohon kurma ini dahulu tumbuh di semenanjung Persia, terutama banyak terdapat di antara sungai Nil dan Eufrat. Pada awal tahun 1950-an negara Iraq menjadi penghasil kurma terbesar sedunia yaitu sekitar 600.000 ton/tahun. Pada tahun 1980-an produksi kurma di Arab Saudi ditingkatkan dengan subsidi pemerintah Arab Saudi kepada para petani sehingga mampu memproduksi 500.000 ton buah kurma per tahun. Menteri pertanian Arab Saudi mengadakan ber-bagai training dan kursus tentang system pena-naman kurma yang modern termasuk mekani-sasinya.

Kurma juga telah berkembang sejak dahulu di daerah-daerah seperti India, Algeria, Tunisia, Mesir, Sudan, Iran, Spanyol, Jamaica, dan California.

Jenis buah kurma bervariasi besar-kecilnya, namun jenis yang populer di pasaran adalah se-bagai berikut; barhi, dayri, deglet noor, halawy, hayani, khadrawy, khastawi, maktoom, medjool, saidy, sayer, thoory, zahdi, amir hajj, iteema, dan migraf.

Pohon kurma harus mendapatkan sinar ma-tahari yang penuh dan tidak dapat berkembang di bawah naungan. Temperatur yang dibutuhkan oleh pohon kurma untuk tumbuh baik adalah 90°F (32,22°C) dan tidak sering terjadi hujan. Tanah yang dibutuhkan adalah jenis pasir, pasir padat, liat. Dibutuhkan aerasi dan drainase yang bagus, pohon kurma dapat toleran terhadap tanah yang mengandung senyawa Alkali.

Setelah 8-10 tahun pohon kurma akan mulai berbuah dan terus demikian sampai 100 tahun, namun ketika usia 60-80 tahun, produksinya sudah mulai menurun. Biasanya ketika sudah me-nginjak umur 13 tahun, satu pohon kurma dapat menghasilkan 60-80 kg. Yang menjadi permasa-lahan dari buah kurma adalah ketika telah musim panen, buah kurma dapat jatuh dan ketika tidak segera dipilih atau hanya dibiarkan saja, maka kualitas dari kurma tersebut akan menurun.

Pohon kurma juga mempunyai hama, yaitu Coccotrypes daclyliperda yang dapat membuat bu-ah kurma cepat jatuh (rontok) sebelum waktu panen. Buahnya juga sering diserang oleh sejum-lah ulat seperti Urophorus humeralis yang menye-babkan buah kurma menjadi rusak dan koyak.

Di India biji buah kurma sering digoreng kemudian ditumbuk sebagai campuran minuman kopi.

Buah kurma yang banyak dijumpai di pasar, market, maupun toko-toko adalah dari jenis ruthab (kurma basah) dan jenis tamr (kurma kering). Keduanya sangat mudah dijumpai terutama ke-tika bulan Ramadhan. Digunakan untuk berbuka puasa maupun untuk sahur. Warnanya didominasi oleh warna coklat tua sampai kehitaman. Bentuknya lonjong, ada juga yang bulat, ada tangkai dan mayangnya. Buah kurma boleh dimakan secara langsung, dalam keadaan kering ataupun segar. Di samping itu, juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan seperti aneka produk roti, permen, es krim, dan selada.

Di negara Arab kurma mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Buah berbentuk si-linder dengan biji beralur tunggal ini biasanya dikonsumsi bersama hasil olahan susu.
Buah kurma adalah buah yang tersebar luas dan ekonomis, di antara keistimewaannya adalah dapat disimpan, dikeringkan dan murah harganya. Oleh karena itu, buah kurma dapat dikonsumsi setiap orang di sepanjang tahun. Terlebih lagi di daerah Abu Dhabi UAE, kurma ditanam di pinggir-pinggir jalan oleh pemerintah setempat kemudian pada bulan-bulan Juli-Agustus saatnya kurma-kurma itu matang dan diperbolehkan bagi warga setempat untuk mengambilnya secara cuma-cuma asalkan tidak merusak pohonnya.

Manusia dapat bertahan hidup dalam masa yang cukup lama hanya dengan mengonsumsi buah kurma karena sangat kaya dengan zat gula. Buah kurma adalah makanan yang mudah dicerna diserap dan mudah melekat pada tubuh. Namun, kandungan lemak dan protein buah kur-ma sangat sedikit. Jadi, jika hanya mengonsumsi buah kurma, akan mengakibatkan kekurusan. Namun, jika dikonsumsi dengan segelas susu akan menjadi makanan yang sempurna dari segala sisi karena kadar protein dan lemak yang dikandung susu sangat tinggi.

Kebanyakan orang Arab Badui hidup dengan mengkonsumsi buah kurma yang dikeringkan dan susu kambing. Ternyata kesehatan mereka sangat terjamin. Mereka jarang menderita penyakit kronis. Jarang sekali gejala kegemukan dite-mukan di antara mereka.

Diringkas dari makalah Fruits of Warm Climates oleh Mor-ton J, hal. 5-11, th. 1987 yang terdapat di www. hort.pur-due.edu

Maraji'

  • buku Kupas Tuntas Khasiat Kurma Berdasarkan Al-Qur’an Al-Karim, As-Sunnah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern, Penulis Zaki Rakhmawan, Pengantar Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Media Tarbiyah – Bogor, Cetakan Pertama, Dzul Hijjah 1426H

 

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran