Tuesday, November 21, 2017
Text Size

Muqaddimah Taudhihul Ahkam Syarah Bulughul Marom - 2

User Rating: / 0
PoorBest 

 

Muqaddimah Taudhihul Ahkam Syarah Bulughul Marom Part 2

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah mugaddimah Taudhihul Ahkam Kitab At-Thoharoh Bab Al-Miyah.

Gambar dari Pembahasan pertama - Part 1 dipotong beberapa bagian dengan disertai terjemahannya. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa mengambil manfaat dari teks aslinya sekaligus untuk belajar bahasa arab.

Berikut adalah terjemahan secara detail:

image

 

Al-Kitab :

Secara bahasa: secara bahasa bentuk jama'nya adalah kutub, dikatakan kitab karena meliputi huruf-huruf, kata-kata, kalimat-kalimat. Dan disini diartikan al-maktub "yang ditulis".

image

Al-Kitab :

Secara istilah : Apa-apa yang ditorehkan di atas kertas agar dapat sampai kepada orang lain. Atau apa-apa yang ditorehkan sebagai pengingat dari lupa, dan para Ulama menggunakan istilah "al-Kitab" berkaitan dengan apa-apa yang merupakan bagian dari kumpulan bab atau pasal.

image

Thoharoh:

Secara bahasa: kebersihan dan kesucian dari setiap kotoran baik yang nampak dengan panca indera (hissiyah) maupun ma'nawiyah (penyakit-penyakit hati, syirik, kufur, dll). Secara syar'i : terangkatnya kotoran dengan air atau tanah/debu yang keduanya termasuk benda yang bersih/suci ataupun bermakna hilangnya najis.

image

Maka thoharoh dengan kesepakatan kaum muslimin adalah hilangnya sifat kotor yang melekat pada badan. Dan yang dimaksud sifat kotor ini adalah yang mencegah dari sholat atau ibadah yang semisalnya. dan dipakainya kata "terangkatnya hadats" karena hadats itu berkaitan dengan perkara yang tidak nampak/abstrak (misalnya: keadaan seseorang yang telah buang air maka orang itu dinamakan dalam keadaan berhadats). Sedangkan dipakainya kata "penghilangan dari najis" karena hal itu berkaitan dengan sesuatu yang bisa diketahui dengan panca indera, dan penghilangannya tidak bisa kecuali dengan hal yang bersih menurut panca indera.

image

Al-Bab:

Secara bahasa: Pintu masuk menuju sesuatu hal. Secara istilah: Kata benda yang digunakan secara struktural dibawah pasal atau masalah secara umum.

image

Al Miyah:

Bentuk jamak dari ماء -maun = air, yaitu yang mengalir dipermukaan, secara kimia tersusun dari hidrogen dan oksigen dan sumbernya dari air hujan, mata air , dan air laut juga sungai sungai.

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Bulughul Marom