Thursday, October 19, 2017
Text Size
User Rating: / 10
PoorBest 

 

Muqaddimah Lebih Dari 1000 Sunnah dalam Sehari Semalam

Segala puji bagi Allah Yang Mahapenyayang Mahapengampun, Mahapemurah Mahaperkasa, Yang membolakbalikkan hati dan penglihatan, Mengetahui yang nampak maupun yang tersembunyi, Aku senantiasa memujiNya baik pagi maupun sore, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata tidak ada sekutu bagiNya. Kesaksian yang menyebabkan diselamatkannya orang yang mengucapkannya dari adzab neraka. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam adalah nabiNya yang dipilih, shalawat semoga tercurah kepadanya, keluarganya, isteri-isterinya, dan para shahabatnya, yang mereka pantas mendapatkan kedudukan yang agung dan mulia. Shalawat yang terus menerus sepanjang hari.

Sesungguhnya hal yang terpenting bagi seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari adalah mengamalkan sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam dalam keseluruhan tindak tanduknya, perkataan, perbuatannya sehingga keseluruhan kehidupannya diwarnai oleh sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam sepanjang pagi hingga sore.

Berkata Dzu Nun Al-Mishry (Nama asli beliau adalah Tsauban bin Ibrahim lahir di Mesir seorang Ahli Zuhud, meriwayatkan hadits dari Anas bin Malik meninggal tahun 245 H – Lihat Siyar A'lam an-Nubala 11/533 cet. Maktabah ar-Risalah ) :

"Salah satu tanda dari kecintaan kepada Allah Ta'ala adalah mutaba'ah (mengikuti) kekasihnya Shallallahu'alaihi wassalam dalam akhlaqnya, perbuatan-perbuatannya, perintah-perintahnya dan sunnah-sunnahnya.

 

Allah berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran: 31)

Berkata Hasan Al-Bashri: "Tanda-tanda kecintaan mereka kepada Allah adalah dengan mengikuti sunnah Rasul-Nya Shallallahu'alaihi wassalam. Sesungguhnya (tinggi rendahnya) kedudukan seseorang mukmin diukur dengan kekuatan ittiba' (mengikuti) sunnah Rasul Shallallahu'alaihi wassalam maka ketika makin banyak sunnah yang ia jalankan maka semakin tinggi dan terhormat pula kedudukannya disisi Allah Azza wa Jalla.

Oleh karena itu saya (penulis - Syaikh Khalid al-Husainan) mengumpulkan pembahasan yang ringkas dalam rangka menghidupkan sunnah Rasul Shallallahu'alaihi wassalam dalam praktek keseharian kaum muslimin baik yang berkaitan dengan ibadahnya, tidur, makan, minum, etika bergaul dengan sesama, cara bersuci, keluar masuk (rumah/masjid), berpakaian, dan keseluruhan tingkah lakunya.

Renungkanlah bagaimana seandainya salah satu diantara kita mengalami kehilangan harta maka pastilah kita mempedulikannya, bersedih atasnya, dan bersungguh-sungguh dalam usaha mencarinya sampai kita mendapatkannya (kembali). Namun sayang sekali, berapa banyak sunnah yang hilang dalam hidup kita, Apakah kita bersedih atasnya dan berusaha mengaplikasikannya dalam kehidupan riil kita??

Saya (benar-benar) ingin sekali dapat membantu memotivasi manusia untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam mengamalkan sunnah dalam setiap urusan hidupnya dari pagi hingga sore karena mereka akan senantiasa mendapatkan keberuntungan (sebagai balasan) dibalik setiap sunnah-sunnah (yang dilakukan) dan lebih mencukupi daripada sekedar harta. Dan harta tidaklah bermanfaat lagi bagi anda ketika tubuh anda diletakkan di kuburan dan ditaburkan atasmu debu. Allah berfirman:

بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. (QS. Al A'laa: 16-17)

Maksud dari sunnah-sunnah dalam pembahasan buku ini adalah :

Sunnah yang mengandung pengertian diberikan ganjaran orang yang melakukannya dan tidaklah mendapatkan hukuman orang yang meninggalkannya. Dan sunnah-sunnah tersebut adalah yang berulang kali (dilakukan) dalam waktu sehari semalam dan (sunnah) yang kita dapat melakukannya sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Aku telah memperoleh suatu hipotesis, apabila seseorang bersungguh-sungguh dalam melakukan sunnah-sunnah harian maka ternyata tidak kurang dari 1000 sunnah di setiap urusan hidupnya. Dan Risalah ini semata-mata ditujukan sebagai penjelas (sarana yang memudahkan penerapan sunnah-sunnah keseharian yang jumlahnya lebih dari 1000 sunnah).

Maka apabila seorang muslim mampu dalam menerapkan 1000 sunnah dalam sehari semalam maka otomatis dalam satu bulan dia sudah menerapkan 30000 sunnah. Maka lihatlah kepada orang-orang yang tidak mengetahui (jahil) terhadap sunnah-sunnah Rasul Shallallahu'alaihi wassalam atau orang yang mengetahuinya namun tidak mengamalkannya, berapa banyak kedudukan (disisi Allah) dan kebaikan yang hilang dari dirinya dan sesungguhnya dia benar-benar termasuk golongan yang merugi.

Faedah dari berpegang teguh untuk menerapkan sunnah yaitu :

  1. Dengan menerapkan sunnah kita akan sampai kepada derajat (al-Mahabbah) kecintaan Allah kepada hamba-Nya yang mukmin.
  2. Sebagai penampal kekurangan dari pelaksanaan ibadah yang wajib
  3. Pencegahan dari terjatuhnya ke dalam bid'ah
  4. Sesungguhnya penerapan sunnah merupakan bagian dari pengagungan terhadap syiar-syiar Allah (segala amalan yang dilakukan dalam rangka beribadah dan tempat-tempat mengerjakannya).

 

Wahai kaum muslimin hidupkanlah sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam dalam realita kehidupanmu. Jadikan sunnah sebagai tujuan hidupmu karena itulah tanda dari kecintaan yang sempurna kepada Rasulullah dan sebagai tanda mutaba'ah yang sebenarnya kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam.

Berlanjut ke Part 2, semoga bermanfaat, sabar insya Allah segera diupload. Barakallahu fikum

Maraji'

  • buku Disalin dari kitab Aktsaru Min Alfi Sunnatin Fil Yaum Wal Lailah, edisi Indonesia Lebih Dari 1000 Amalan
    Sunnah Dalam Sehari Semalam, Penulis Khalid Al-Husainan, Penerjemah Zaki Rakhmawan, Cet. Pustaka Imam as-Syafii Jakarta]

 

Comments  

 
-2 # Abdul Rahman 2012-01-02 09:20
Terima kasih.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Abdul Rahman 2012-01-02 09:21
Terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Abdul Rahman 2012-01-02 09:22
Thank you
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran

Artikel Pembahasan - Sunnah-Sunah Harian