Wednesday, December 13, 2017
Text Size

Adzan bagi orang yang sholat Munfarid?

User Rating: / 0
PoorBest 

Saudaraku ...semoga Allah senantiasa mencurahkan keberkahan kepadamu...Barakallahu fik

 

Ketahuilah bahwa Rasulullah Shollallahu'alaihi wassalam memberikan panduan yang sangat jelas sekali bagi orang yang sholat munfarid baik dalam safar maupun ketika mukim (dan tidak mendengar adzan dari masjid manapun) maka baginya hendaklah mengumandangkan adzan. Ini juga berlaku bagi sholat jama'ah dimana tidak satupun dari makmum maupun imam mendengar kumandang adzan. Hal ini banyak sekali dari kita sering lalai terutama ketika kita dalam keadaan safar, padahal fawaid dari adzan itu sendiri begitu besar, sebagaimana hadits dibawah ini (lihat gambar).

 

image

Bab wajibnya adzan bagi orang yang sholat Munfarid.

Dari 'Uqbah bin 'Amir radhiallahu'anhu, dia berkata, Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam bersabda:"Rabb kalian ridho dan memberikan ganjaran terhadap seorang penggembala kambing yang menggembalakan kambingnya di dataran puncak bukit, dia mengumandangkan adzan untuk sholat lalu dia mendirikan sholat. Allah berfirman: "Lihatlah (oleh kalian - para malaikat) kepada hambaKu ini, dia mengumandangkan adzan dan mendirikan sholat karena semata-mata takut kepada-Ku. Maka aku benar-benar mengampuni dosa-dosanya dan Aku akan masukkan dia kedalam Surga.

Derajat Haditsnya shohih Tercantum di Silsilah Ahadits Ashohihah no.41

Makna kosakata yang ada dalam hadits:"Ash-Shadziyah" adalah suatu dataran dari puncak gunung yang tinggi

Fawaid Hadits:

Dalam hadits ini mengandung fiqih pemahaman bahwa mengumandangkan adzan itu wajib bagi orang yang sholat Munfarid (sendirian), hal ini disebutkan oleh Imam an-Nasai

Dan terdapat pula perintah tentang Iqamat berdasarkan dari beberapa jalan hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Maka selayaknya tidak menganggap sepele tentang adzan dan iqamat itu.

Dinukil dari kitab Dinukil dari kitab " نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد " لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid I/316-317 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi' cet. Maktabah Al-Ma'arif th. 1420 H

 

Add comment


Security code
Refresh


Jazakallahu Khoiran