Friday, November 24, 2017
Text Size

Akupunture dan Pijat

User Rating: / 6
PoorBest 

 

Titik Akupuntur yang bermanfaat untuk menghadapi Ramadhan

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه وبعد

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang titik akupuntur Zusanli ST. 36. Ketika Ramadhan pastilah ada saja orang mengeluh seperti, "Aduh...perutku kembung, mencret" "Kok jadi lemas nih..." "Kalau anda capek dan lemas...minumlah obat penyegar cap anu" dan masih banyak keluhan serta suara-suara komersil dari obat-obatan kimia yang pastinya memberi efek negatif kepada badan (baik sifatnya langsung efek negatifnya ataupun di waktu yang akan datang...yang jelas fungsi hati dan organ yang lain menjadi terbebani ketika meminum obat-obatan kimia). Semua itu terkadang menyebabkan puasa kita menjadi terganggu dan kurang maksimal ibadah kita di Bulan Ramadhan

Tutorial

User Rating: / 12
PoorBest 

 

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang titik akupuntur HEGU LI. 4.

Tutorial - Akupuntur dan Pijat

User Rating: / 12
PoorBest 

 

SEJARAH AKUPUNKTUR

 Akupunktur berasal dari dua kata Acus dan punctura. Acus artinya jarum dan punctura artinya menusuk atau tusukan. Secara harfiah acupuncture dapat diartikana sebagai suatu teknik pengobatan dengan menusukan jarum pada titik-titik akupunktur tertentu sesuai dengan indikasi yang ada. Metode pengobatan akupunktur dalam bahasa aslinya bahasa Cina disebut Zhen Jiu. Zhen artinya jarum dan Jiu artinya pemanasan/api. Mengapa dalam tradisi pengobatan Cina akupuntur lebih dikenal dengan sebutan Zhenjiu?. Hal ini dikarenakan disamping menggunakan teknik perangsangan titik-titik akupunktur dengan menggunakan tusukan jarum pengobatan Zhenjiu juga menggunakan moksa. Sekarang apa itu moksa? Moksa atau moksisbusi adalah suatu teknik perangsangan titik akupunktur dengan menggunakan efek panas (moksibusi) dari sejenis tanaman obat yang dikenal dengan Artemisia vulgaris. Tanaman ini dekringkan lalu dibuat menjadi bentuk batang atau kerucut kecil atau dibiarkan dalam bentuk serbuk untuk kemudian dibakar dan akan menghasilkan panas. Efek panas yang ditmbulkan dari pembakaran Artemisia inilah yang digunakan untuk menstimulasi atau merangsang titik-titik akupuktur yang sudah ditentukan berdasarkan indikasi penyakit yang ada.

Tutorial