Thursday, October 23, 2014
Text Size

Sunnah-Sunnah Harian

User Rating: / 11
PoorBest 

 

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah sunnah-sunnah ketika keluar masuk WC/Kamar mandi yang diawali dengan nash bahasa arabnya kemudian dilanjutkan dengan terjemahannya (yang ditandai dengan blok kotak) beserta takhrij haditsnya dan tambahan lafazh aslinya dari kitab induknya (yang berada diluar blok kotak).

Artikel Pembahasan - Sunnah-Sunah Harian

User Rating: / 16
PoorBest 

 

Barakallahu fikum, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada antum sekalian, berikut ini adalah sunnah-sunnah ketika bangun tidur yang diawali dengan nash bahasa arabnya kemudian dilanjutkan dengan terjemahannya.

Artikel Pembahasan - Sunnah-Sunah Harian

User Rating: / 5
PoorBest 

 

Muqaddimah Lebih Dari 1000 Sunnah dalam Sehari Semalam

Segala puji bagi Allah Yang Mahapenyayang Mahapengampun, Mahapemurah Mahaperkasa, Yang membolakbalikkan hati dan penglihatan, Mengetahui yang nampak maupun yang tersembunyi, Aku senantiasa memujiNya baik pagi maupun sore, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata tidak ada sekutu bagiNya. Kesaksian yang menyebabkan diselamatkannya orang yang mengucapkannya dari adzab neraka. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam adalah nabiNya yang dipilih, shalawat semoga tercurah kepadanya, keluarganya, isteri-isterinya, dan para shahabatnya, yang mereka pantas mendapatkan kedudukan yang agung dan mulia. Shalawat yang terus menerus sepanjang hari.

Sesungguhnya hal yang terpenting bagi seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari adalah mengamalkan sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam dalam keseluruhan tindak tanduknya, perkataan, perbuatannya sehingga keseluruhan kehidupannya diwarnai oleh sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam sepanjang pagi hingga sore.

Berkata Dzu Nun Al-Mishry (Nama asli beliau adalah Tsauban bin Ibrahim lahir di Mesir seorang Ahli Zuhud, meriwayatkan hadits dari Anas bin Malik meninggal tahun 245 H – Lihat Siyar A'lam an-Nubala 11/533 cet. Maktabah ar-Risalah ) :

"Salah satu tanda dari kecintaan kepada Allah Ta'ala adalah mutaba'ah (mengikuti) kekasihnya Shallallahu'alaihi wassalam dalam akhlaqnya, perbuatan-perbuatannya, perintah-perintahnya dan sunnah-sunnahnya.

Artikel Pembahasan - Sunnah-Sunah Harian

ADAB DAN DOA SAFAR YANG SHAHIH

Bagi orang yang ingin melakukan safar hendaknya belajar mengumpulkan bekal yang bermanfaat, salah satunya yaitu belajar tentang adab dan doa ketika hendak dan ketika safar dengan adab dan doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam.

Doa kepada orang/keluarga yang ditinggalkan

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِيْ لاَ تَضِيْعُ وَ دَائِعُهُ

"Aku titipkan kamu sekalian kepada Allah yang tidak akan hilang titipan-Nya." (HR. Ahmad II/403, Ibnu Majah no. 2825. Hadits ini Hasan Lihat Silsilah Ahaadits as-Shahiihah no. 16)

Sedangkan keluarga/famili yang ditinggalkan untuk menjawabnya dengan : "

Artikel Pembahasan - Sunnah-Sunah Harian