Thursday, October 19, 2017
Text Size

Fawaid Hadits

Bab Jumlah minimal orang untuk dapat melakukan sholat Jum'at

User Rating: / 2
PoorBest 

Wahai saudaraku...Semoga Allah senantiasa memudahkan kita untuk senantiasa dapat istiqamah dalam Islam dan As-Sunnah dengan pemahaman Ahli Al-Hadits

Berikut ini ada pemaparan ringkas terhadap pembahasan yang berkaitan dengan jumlah minimal orang untuk dapat melakukan sholat Jum'at (lihat gambar yah....barakallahu fikum)

Jawaban Orang Alim kepada orang yang bertanya abstrak

User Rating: / 4
PoorBest 

Saudaraku...semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.  Selayaknya seorang yang berilmu itu memberikan jawaban kepada orang yang bertanya dengan jawaban yang mengandung pemisalan atau perbandingan.

Ini berlaku juga bagi orang tua kepada anaknya, dimana ketika si-anak bertanya kepada orang tua tentang hal-hal yang abstrak maka orang tua dapat menjawabnya dengan qiyas atau penyerupaan. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam (lihat gambar text arabicnya)

Adzan bagi orang yang sholat Munfarid?

Saudaraku ...semoga Allah senantiasa mencurahkan keberkahan kepadamu...Barakallahu fik

 

Ketahuilah bahwa Rasulullah Shollallahu'alaihi wassalam memberikan panduan yang sangat jelas sekali bagi orang yang sholat munfarid baik dalam safar maupun ketika mukim (dan tidak mendengar adzan dari masjid manapun) maka baginya hendaklah mengumandangkan adzan. Ini juga berlaku bagi sholat jama'ah dimana tidak satupun dari makmum maupun imam mendengar kumandang adzan. Hal ini banyak sekali dari kita sering lalai terutama ketika kita dalam keadaan safar, padahal fawaid dari adzan itu sendiri begitu besar, sebagaimana hadits dibawah ini (lihat gambar).